celamat datang di daniq blog cilahkan lihat lihat eitss gak boleh copas lohh,heheh mathurtengkiiuuu...... www.daniqmanik.com: PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Selasa, 14 Juni 2011

PENGANTAR SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER

Informasi Adalah salah satu jenis sumber daya yang tersedia untuk menunjang pekerjaan contoh : informasi penunjang untuk manajer.

Output informasi komputer biasaya digunakan untuk :
Manajer
Non Manajer
Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan

Sistem yang digunakan manajer :
Computer literate
Information literate

CBIS ( Computer Based Information System) meliputi :
SIM (management information system
Sistem Pendukung Keputusan ( decision support system)
Otomatisasi Kantor ( Office Automation)
Sistem Pakar ( Expert System)

Contoh Penggunaan SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Kios majalah di lobby hotel dapat mengelola usahanya dengan mengamati aktiva berwujud seperti barang dagangan, cash register, ruangan dan arus pelanggan.
Pada saat skala operasinya semakin besar dengan jumlah karyawan yang cukup banyak, maka yang dapat diandalkan adalah informasi yang online dan up to date yang mencerminkan kondisi fisik perusahaan.
Contoh : Makro, Goro, dll




Jenis-Jenis Utama Sumber Daya .
Manajer Mengelola 5 jenis utama sumber daya :
Manusia
Material
Mesin
Uang
Informasi ( termasuk data)

Kompleksitas kegiatan bisnis yang meningkat dipengaruhi oleh :
Ekonomi Internasional
Persaingan Dunia
Kompleksitas teknologi yang meningkat :
Contoh : Barcode, 3G, Automated Teller Machine.

Batas Waktu Yang Singkat
Contoh : Menggunakan telemarketing supaya material dapat sampai tepat waktu (just in time/JIT)
Kendala Sosial ( dampak terhadap lingkungan sekitar)

Para pemakai komputer meliputi :
Manajer
Non- manajer
Orang-orang dan organisasi-organisasi dalam lingkungan perusahaan.























Peran-Peran Manajerial Menurut Mintzberg
Interpersonal roles :
Figure Head : Melaksanakan tugas seremonial
Leader : Melaksanakan tugas sebagai pimpinan
Liason : Menjalin hubungan dengan divisi lain.




Information roles :
Monitor
Disseminator : Penerus informasi tiap divisi
Spokesperson : meneruskan informasi ke pimpinan perusahaan

Peran Keputusan :
Entrepreneur : Memperbaiki/ membuat perbaikan pada struktur organisasi
Disturbance Handler : Manajer bereaksi pada kejadian tak terduga Cont : naiknya Dollar
Resource Allocator : menentukan siapa-siapa unit dibawahnya.
Negotiator : menangani perselisihan dalam satu divisi atau divisi lainnya.

Keahlian manajemen :
Keahlian komunikasi
Cont : e-mail, voice mail , dll
Keahlian Pemecahan Masalah  ( Problem Solving)



Sumber Intern                        Sumber Lingkungan







Media Tertulis                        Media Lisan
Laporan Komputer                        Rapat Terjadwal
Laporan Non Komputer                    Rapat Tanpa Jadwal
Surat & Memo                        Telepon
Surat Elektronik                        Voice mail
Terbita berkala                        Kunjungan



Gambar :
Informasi Pemecahan Masalah dalam Banyak Bentuk


Pengetahuan Manajemen :
Mengerti Computer ( computer literacy)
Mengerti istilah komputer, pemehaman keuanggulan dan kelemahan komputer dll.
Mengerti Informasi
Pengertian bagaimana mengunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah dan bagaimana membagikan informasi kepada orang lain.
Sistem : adalah  sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksd yang sama untuk mencapai suatu tujuan.

Elemen-Elemen Sistem :           
   




Sistem Lingkungan Terbuka (Open Loop System)

Input -----------à  Transformasi --------------à Output


Sistem Lingkungan Tertutup ( Closed Loop System)

           





Subsistem : adalah sistem didalam suatu sistem
Contoh: mobil adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem-sistem yang ada di dalamnya seperti sistem mesin, sistem rangka, sistem body mobil dll.

Supersistem : adalah bagian dari sistem yang lebih besar
Contoh :   Pemerintahan kota supersistem dari Pemerintahan Propinsi supersistem dari Pemerintahan Nasional.

Pandangan Sistem ( system view)
Merupakan pola melihat operasi bisnis sebagai sistem-sistem yang melekat dalam suatu lingkungan yang lebih luas.




Pandangan sistem adalah untuk :
Mencegah manajer tesesat dalam kompleksitas struktur organisasi dan rincian pekerjaan
menyadari perlunya memiliki tujuan yang baik
menekankan pentingnya kerjasama semua bagian dalamorganisasi.
mengakui keterkaitan organisasi dalam lingkungannya
Memberikan penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkungan tertutup.


Suatu model sistem informasi berbasis komputer
(CBIS/ Computer Based Information System)

Porsi komputer dalam mengelola informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer seperti :
SIA     : Sistem Informasi Berbasis Akuntansi
SIM    : Sistem Informasi Manajemen
DSS    : Sistem Pendukung Keputusan ( Decision Support System)
OA    : Office Automation
ES    : Expert System



















Gambar :
Model yang Menunjukkan Cara Penggunaan Subsistem CBIS
dalam Pemecahan Masalah


Organisasi Jasa Informasi
Spesialis Informasi ( Information specialist) dibagi 5 golongan Utama:
Analis sistem
Pengelola database
Spesialis Jaringan
Programer
Operator



















Gambar :
 Rantai Komunikasi Tradisional



Kecendrungan Menuju End-User Computing (EUC)
End User Computing berkembang karena:
Meningkatnya pengetahuan tentang computer
Antrian jasa informasi
Perangkat keras (hard ware) yang murah
Perangkat lunak ( soft ware) yang sudah jadi

SLC ( System Life Cycle) terdiri dari :
Perencanaan
Analisis
Rancangan
Penerapan
Penggunaan

Mengelola CBIS : dengan cara mendefinisikan masalah, mengidentifikasikan dan evaluasi alternative pemecahan, memilih solusi, merakit hard ware, soft ware, database dan memutakhirkan system.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar